Official web

Praktek Bermain Pianika Lagu Apuse

Ayah Bunda, selain faktor prestasi akademik yang unggul. Ada banyak faktor yang dapat menunjang kreativitas seorang anak, salah satunya yaitu praktek memainkan alat musik. Ini bertujuan menyeimbangkan kemampuan otak kanan dan otak kiri.

Pendidikan seni musik di SD tidak terbatas pada masalah suara yang merdu, karena kegiatannya tidak hanya praktek bernyanyi. Praktek instrumen (praktek memainkan alat musik) adalah salah satu kegiatan yang sama pentingnya dengan praktek bernyanyi. Materi bermain alat musik melodis terdapat dalam silabus Kurikulum Merdeka kelas IV SD untuk mata pelajaran SBDP. Materi tersebut termasuk dalam standar kompetensi mengekspresikan diri melalui karya seni musik dengan kompetensi dasar yaitu memainkan alat musik melodis.

Pada pembelajaran ini memfokuskan pada jenis alat musik melodis pianika. Hal tersebut karena pianika pada umumnya merupakan alat musik melodis sederhana. Pianika merupakan alat musik melodis yang mudah dimainkan dengan teknik sederhana. Pianika dapat mengeluarkan dua nada atau lebih dalam satu kali tiupan.

Pada dasarnya, teknik memainkan pianika tidak jauh berbeda dengan piano, bahkan lebih mudah karena pianika hanya memiliki bilah-bilah nada sebanyak tiga oktaf. Teknik dasar dalam memainkan pianika dibagi menjadi beberapa teknik, antara lain: sikap dasar atau postur tubuh, napas, embouchure, penglidahan, dan penjarian (Kusmana, 2015: 38-9).

Baca Juga  FUN MATH LEARNING

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Berita Terbaru

  • Yang sering dibaca