Official web

Peringatan Hari Batik Nasional

Peringatan Hari Batik Nasional

Hari Batik Nasional diperingati pada tanggal 2 Oktober setiap tahunnya. Momen ini sering diramaikan orang-orang yang mengenakan batik dalam aktivitas sehari-hari, sekaligus menjadi cara kita dalam menghargai batik Indonesia, mengenang sejarahnya, dan merayakan batik sebagai identitas bangsa.

Begitu juga di SDI Muhammadiyah 28 Jakarta. Kami melaksanakan upacara bendera hari senin dengan semua petugas dan peserta menggunakan batik sebagai identitas bangsa Indonesia.

Asal-usul penamaan batik sendiri berasal dari bahasa Jawa yang disebut ambatik. Amba berarti tulisan dan nitik bermakna titik. Jika digabungkan, maka batik memiliki makna menulis dengan lilin. Setelah motif batik ditulis menggunakan malam, kain kemudian melalui proses pencelupan untuk diwarnai dengan pewarna alam.

Menurut buku Javanese Indigo Batik: Discovering the Ancient Wisdom of the Indigo Natural-Dyeing Process karya Zahir Widadi, seniman batik, malam terbuat dari getah pohon pinus, getah damar, lilin lebah dan minyak sayur.

Komposisi inilah yang menentukan kelenturan dan kehalusan dari batik tulis. Selama prosesnya, lilin itu akan dihilangkan dengan cara direbus menggunakan air panas (ngelorod) sehingga tercipta kain dengan warna dan motif tersendiri yang menjadi ciri khasnya.

Secara keseluruhan, batik adalah seni tutup celup yang meliputi proses pemalaman (lilin), pencelupan (pewarnaan), dan pelorotan (pemanasan), hingga menghasilkan motif yang halus dan bolak-balik.

Baca Juga  Indonesian Student Open 2023

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Berita Terbaru

  • Yang sering dibaca