Official web

FUNTASTIC MUDELA ARCHERY

Ayah Bunda, Ada 1 lagi nih ekskul di SDI Muhammadiyah 28 Jakarta. Namanya Mudela Archery yang telah berulang menjadi juara di berbagai kejuaraan. Eksul panahan ini dilaksanakan setiap hari Jumat dan Sabtu dengan pelatih Coach Amiril. Yuk kenali sejarah archery….

Sejarah olahraga panahan terinspirasi dari kehidupan umat manusia sejak ribuan tahun lalu. Memanah dengan peralatan busur senar dan anak panah mulanya digunakan sebagai alat berburu atau perang. Fungsi panahan untuk berburu atau berperang kian berkurang sejak ditemukannya senjata api.

Saat ini memanah lebih bertujuan sebagai olahraga atau sarana rekreasi bagi beberapa kalangan. Menurut World Archery, kompetisi panahan pertama kali berlangsung di Finsbury, Inggris pada tahun 1583 yang diikuti oleh sekitar 3.000 peserta. Selanjutnya, panahan menjadi cabang olahraga Olimpiade  pada 1900 untuk pria dan 1904 untuk wanita.

Peralatan yang dibutuhkan dalam olahraga panahan

1. Busur panah

Salah satu peralatan utama dalam olahraga panahan adalah busur panah. Terdapat tiga jenis busur panah, yaitu recurve, longbow, dan compound yang masing-masing memiliki karakter tersendiri. Untuk pemula, umumnya akan menggunakan busur recurve yang memiliki bentuk melengkung pada bagian ujung. Jenis busur ini juga paling mudah untuk dipelajari pemula.

2. Anak panah

Anak panah bisa terbuat dari kayu, aluminium, karbon, atau kombinasi karbon dan aluminium. Alat dalam olahraga panahan ini harus memiliki kekakuan dan panjang tertentu. Apabila ukurannya terlalu pendek, anak panah bisa meleset dari busur dan melukai Anda.

3. Target

Pada ajang Olimpiade, atlet panahan harus membidik target dari jarak 70 meter, tapi pemula tentu membutuhkan jarak yang lebih pendek.

Selain ketiga alat tersebut, seorang atlet panahan umumnya membutuhkan alat pendukung lain, seperti bracer (pelindung dada), quiver (tempat anak panah), dan finger tab (pelindung jari). 

Baca Juga  Ekskul PMR Mudela "The Heroes"

Bagikan

Facebook
Twitter
WhatsApp

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Berita Terbaru

  • Yang sering dibaca